Standard Post

Seluruh Parpol Pasti Berkomitmen Dalam Pemberantasan Korupsi


PKBNews - PARTAI Sosialis Indonesia (PSI) diminta berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan. Apalagi sampai menuding partai politik (parpol) lama memiliki dosa terkait korupsi. Justru, parpol yang menuding biasanya akan malu sendiri.

"Justru yang biasanya gembar-gembor ngaku sebagai partai yang bersih, justru akan malu sendiri karena terbukti sebaliknya," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, Jumat (26/10/2018).

Daniel berharap PSI lebih berhati-hati dalam berbicara. Menurutnya, setiap parpol pasti berkomitmen dalam pemberantasan korupsi.

"Tak satu pun partai di negeri ini yang mengajarkan kepada kadernya untuk melakukan korupsi. Setiap partai memiliki kebijakan terkait pakta integritas dalam rekrutmen kadernya," kata dia.

Ia menambahkan, PKB sendiri memiliki tindakan yang tegas terkait komitmen pemberantasan korupsi. PKB menjadi partai terdepan yang menolak pencalegan kembali mantan koruptor.

"Kami meminta parpol yang ada tak saling tuding. Yang terpenting adalah membentuk kepemimpinan dan demokrasi yang efektif untuk mewujudkan pemerintahan ataupun kepartaian yang bersih," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berkata, untuk mewujudkan pemerintahan maupun kepartaian yang bersih, bukan sekadar slogan.

"Hemat PKB untuk membenahi itu semua harus lebih dahulu sistem ini menjadi tantangan yang besar untuk kita semua, perlu kajian yang mendalam dari seluruh stakeholder," kata Daniel.

Sebelumnya, Ketua DPP PSI Tsamara Amany tiba-tiba bicara tentang `dosa-dosa` partai yang sudah lama berdiri tapi masih menjadi `kebiasaan`. Setidaknya ada dua `dosa` partai lama yang disebutkan Tsamara.

TERKAIT

    -