Standard Post

Panglima Santri Pastikan Silaturahim ke Pesantren Boleh


PKBNews - PANGLIMA Santri Nusantara, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tak mempermasalahkan calon wakil presiden (cawapres) dan calon wakil presiden (cawapres) melakukan silaturahim ke pondok pesantren.

"Kalau kampanye memang nggak boleh, silaturahmi boleh, yang penting nggak kampanye," katanya, kemarin.

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan sejak dulu pesantren adalah zone politicon atau zona politik. Tapi memang sebaiknya tidak berkampanye di pesantren.

"Pesantren sangat boleh, dari dulu pesantren adalah zone politicon, pesantren itu wilayah politik yang dari dulu memang punya semangat politik tinggi. Kalau dilarang harus ada antisipasinya. Antisipasinya tidak harus di pesantren tapi misalnya di luar pesantren," ujar Cak Imin.

Sebelumnya, KPU sudah mengimbau capres-cawapres tidak menodai lembaga pendidikan dan tempat ibadah dengan kampanye. Sebab, kedua tempat tersebut dinilai digunakan untuk menuntut ilmu.

"Saya kira, ada baiknyalah kandidat-kandidat itu tidak menodai kehormatan lembaga pendidikan, tempat ibadah, begitu ya. Sebab, kan lembaga pendidikan itu kan di mana kita menyemai nilai generasi bangsa kita agar mereka memahami nilai politik yang benar, etika politik yang benar. Janganlah itu dinodai dengan pesan politik yang sifatnya partisan," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi.

 

TERKAIT

    -