Standard Post

Cak Imin: Ideologi Terbukti Mampu Menyelamatkan Bangsa


PKBNews - WAKIL Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengingatkan pentingnya menjaga ideologi berbangsa dan bernegara. Pasalnya, ideologi telah terbukti mampu menyelamatkan bangsa Indonesia dari pertikaian dan perpecahan.

"Apa yang telah ditetapkan para pendiri bangsa Indonesia sudah melalui pemikiran sangat panjang. Bukan hanya masa itu saja, melainkan juga masa kini dan yang akan datang," ujarnya di hadapan anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Jawa Tengah saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR, Jumat (28/9/2018)

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan para pendiri bangsa, yang di dalamnya terdapat para ulama, sadar bahwa mayoritas bangsa Indonesia terdiri atas umat muslim. Namun mereka juga sadar bangsa Indonesia ini bukan terdiri atas umat Islam saja, tapi juga Nasrani, Hindu, juga Buddha. Semua harus mendapat tempat serta kesempatan yang sama.

"Karena itu, meski berhasil merumuskan piagam Jakarta, rumusan itu tidak digunakan. Bahkan para ulama ikhlas menarik kembali Piagam Jakarta itu dan menggantinya dengan Pancasila yang dikenal sekarang," ucap Cak Imin.

Hal itu, kata Cak Imin, dilakukan karena para ulama sadar, bangsa Indonesia yang baru didirikan itu harus dipertahankan, tidak boleh bubar karena penganut agama Nasrani, Hindu, dan Buddha yang merasa tidak termasuk dalam rumusan naskah Piagam Jakarta.

"Banyak bangsa yang terancam pecah karena tidak memiliki ideologi yang kuat. Karena itu, bangsa Indonesia harus bersyukur memiliki ideologi dan dasar negara yang kuat serta sudah dipikirkan untuk masa sekarang dan yang akan datang," tegas Panglima Santri Nusantara.

 

TERKAIT

    -