Standard Post

Lumbung Suara Kiai Ma`ruf di Pasantren


PKBNews - LUMBUNG suara calon wakil presiden (cawapres) KH Ma`ruf Amin berada di pesantren. Demikian ditegaskan Wakil Ketua Tim Koalisi Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Abdul Kadir Karding (AKK).

"Kiai Ma`ruf dapat meraup suara besar apabila melakukan kunjungan ke pesantren-pesantren. Kiai Maruf lebih strategis kalau menyambangi kantong-kantong muslim, termasuk berkeliling dari pesantren ke pesantren," terang AKK, kemarin.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu menegaskan, Kiai Ma`ruf Amin telah melakukan kunjungan ke beberapa pesantren di pulau Jawa dalam rangka silaturahmi.

"Kunjungan kiai menjawab saran dari salah satu lembaga survei. Yang menyarankan agar Kiai Ma`ruf lebih sering menyapa pesantren," ujar AKK.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin menilai, langkah Ma`ruf mendatangi pendukung Ahok justru bisa membuat pendukungnya kecewa. Selain itu, belum tentu kekecewaan pendukung Ahok atas Fatwa MUI yang telah dibuat Ma`ruf dapat langsung terobati.

Secara elektoral, kata dia, pertemuan itu justru kurang produktif. Seharusnya, kiai Ma`ruf lebih sering menyapa pesantren, basis massa PPP dan PKB, atau pemilih Jawa Barat yang secara umum memiliki preferensi lebih baik ke kiai Ma`ruf.

Dengan demikian, kontribusi Ma`ruf secara elektoral dapat lebih terlihat. "Kalau di sini kan terlihat kontribusi Sandiaga lebih jelas ketimbang Ma`ruf ke pasangan mereka masing-masing," kata dia.

TERKAIT

    -