Standard Post

Elektabilitas PKB Berhasil Ungguli Golkar


JAKARTA, PKBNews - ELEKTABILITAS Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil mengungguli Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI hanya kalah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan Partai Gerindra yang berada di urutan pertama dan kedua dalam survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

Metode survei yang dilakukan Charta Politika Indonesia dengan menggunakan metode pengacakan sampling sistematis sebanyak 1.200 responden. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 20-24 Maret 2021. Responden merupakan warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun.

"Kami melontarkan pertanyaan seandainya, pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI dilaksanakan hari ini dan diikuti oleh partai politik di bawah ini, partai apa yang Anda pilih? PDIP 20,7 persen, Gerindra 14, 2 persen dan PKB 9,7 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, kemarin.

Selanjutnya, kata Yunarto, ada PKS yang membuntuti dengan 8,2 persen, Golkar berada di kelima kelima dengan 7,8 persen, Partai Nasdem 5,4 persen, Partai Demokrat 4,2 persen, PPP 2,2 persen, PSI 1,8 persen dan PAN 1 persen.

Yang menarik, lanjut Yunarto, partai baru PSI yang berhasil mengalahkan mengalahkan PAN. Sementara partai lain meraih proporsi di bawah 1 persen.

 

TERKAIT

    -