Standard Post

Waketum PKB Ingatkan Habib Rizieq Soal Etika Hukum Acara


JAKARTA, PKBNews - WAKIL Ketua Umum (Waketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid atau Gus Jazil mengingatkan Habib Rizieq soal etika saat bersidang. Hal tersebut diutarakan menanggapi ekspesi Habib Rizieq yang sempat menyebut jaksa penuntut umum `dungu` dan `diazab Allah`.

"Aturan dan etika hukum acara di Pengadilan harus ditegakkan, jangan ada kegaduhan sehingga menurunkan wibawa pengadilan," ujarnya.

Gus Jazil berkata, Habib Rizieq seperti tengah melakukan drama ketika menyampaikan eksepsi ketika sidang saat itu. Dia pun mengingatkan pengadilan adalah tempat mencari keadilan.

"Hemat saya, pengadilan tempat mencari keadilan, bukan tempat drama, apalagi dagelan. Pengadilan mesti dijaga wibawanya," tegasnya.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia yang juga Komisi III DPR RI ini tidak membantah pembacaan eksepsi saat sidang merupakan hak Habib Rizieq sebagai terdakwa. Meski demikian, dia menyebut semua pihak tetap harus beretika.

"Eksepsi hak terdakwa. Namun agar semua pihak menjaga etika," ucapnya.

Seperti diketahui, Habib Rizieq menuding Kepolisian dan Kejaksaan melakukan permufakatan jahat karena menyamakan undangan acara Maulid Nabi dengan hasutan melakukan kejahatan. Dia menilai hal tersebut bentuk dari logika sesat.

"Di sinilah Kepolisian dan Kejaksaan telah melakukan mufakat jahat dalam menyamakan undangan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan hasutan melakukan kejahatan. Logika berpikir Kepolisian dan Kejaksaan yang menyamakan undangan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan hasutan melakukan kejahatan adalah logika sesat dan menyesatkan," ucap Rizieq.

 

TERKAIT

    -