Standard Post

PKB Tertantang Dekati Pemilih Muda


JAKARTA, PKBNews - KETUA Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza menegaskan, PKB tertantang mendekati pemilih muda setelah mengetahui hasil survei Indikator Politik Indonesia terkait suara anak muda yang hanya mendapatkan 2,7 persen.

"Kalau itu tantangan untuk PKB memang selama bertahun tahun dalam beberapa kali periode pemilu PKB selalu kurang populer di kalangan anak muda, ini soal image partai, tapi saya kira itu tantangan kita untuk bisa lebih mendekat kepada para pemilih muda ini, dan bisa memahami gimana PKB ke depan, kita akui bahwa PKB masih kurang populer di kalangan anak muda," katanya, Senin (22/3/2021).

Pernyataan senada dilontarkan Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi PKB (FPKB) Luqman Hakim berkata, hasil survei Indikator Politik Indonesia merupakan masukan penting. Luqman menyebut PKB harus merumuskan kembali strategi komunikasi ke publik, terutama para anak muda.

"Hasil survei Indikator Politik ini akan menjadi salah satu masukan penting bagi PKB untuk merumuskan strategi komunikasi partai ke publik, terutama kepada segmen anak muda," katanya.

Kata Luqman, memang saat ini PKB masih berkonsentrasi menggarap basis pemilih partai di kalangan NU dan kelompok Islam moderat lainnya. Namun demikian, dia menyebut mayoritas kepengurusan PKB tetap diisi oleh anak-anak muda.

"Sampai hari ini, PKB masih berkonsentrasi menggarap perluasan basis pemilih partai di kalangan warga NU dan kelompok-kelompok Islam moderat lainnya serta kalangan nasionalis. Kebetulan di PKB, mayoritas kepengurusan partai diisi anak-anak muda, baik di pusat maupun daerah-daerah," katanya.

Dia menambahkan, "Saya yakin, PKB pada saatnya nanti akan menjadi partai paling diidolakan anak-anak muda. Tunggu tanggal mainnya."

Seperti diketahui, berdasarkan rilis Indikator Politik, PKB memang hanya meraup 2,7 persen suara dari survei yang dilakukan kepada 206.983 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh nusantara dan pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang 2 tahun terakhir. Dengan demikian, PKB hanya berada pada posisi ketujuh sebagai partai yang difavoritkan anak muda.

Hasilnya sebagai berikut:

- Gerindra 16 persen
- PDI Perjuangan 14,2 persen
- Golkar 5,7 persen
- PKS 5,7 persen
- Demokrat 5,3 persen
- NasDem 2,8 persen
- PKB 2,7 persen
- PAN 1,2 persen
- PPP 0,9 persen
- PSI 0,8 persen
- Berkarya 0,7 persen
- Perindo 0,6 persen
- Hanura 0,3 persen
- PBB 0,2 persen
- Garuda 0,1 persen
- PKPI 0,1 persen
- Partai Gelora 0,0 persen

 

TERKAIT

    -