Standard Post

PKB Hargai Deklarasi Perdu, Asal Tak Mencelakai Orang


JAKARTA, PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) menghargai deklarasi Persatuan Dukun Nusntara (Perdunu) di Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). Asal tidak mencelakakan orang lain.

"Kami setuju sepanjang untuk kebaikan dan menolong sesama. Malah bagus kalau ada asosiasi profesi dukun, daripada berpraktik liar dan merugikan," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Jazilul Fawaid atau Gus Jazil, kemarin.

Gus Jazil yakin dukun tidak melulu berdampak negatif. Yang dilarang adalah ilmu santet yang bisa mencelakakan orang lain.

"Bahkan ada juga kiai yang jadi dukun pengobatan/tabib dan ahli kesaktian dan kanuragan. Yang dilarang itu ilmu sihir/santet yang mencelakakan orang lain dan menyimpang dari tauhid," terang Jazilul.

Terkait deklarasi Perdunu di Banyuwangi juga telah diselidiki oleh polisi. Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) itu mengingatkan, seluruh warga negara Indonesia memiliki hak untuk berserikat dan berkumpul.

"Kami hargai niat baiknya. Jangan gampang menyatakan dukun itu sesat. Ilmu tabib, rukiah dan ilmu rajah, nujum/perbintangan juga dikenal dalam Islam dan budaya kita," sebut Jazilul.

Dia menambahkan, "Negara kita memberikan hak untuk berserikat dan menyatakan pendapat. Polisi tidak usah bertindak berlebihan untuk menghalangi mereka. Toh polisi juga ada yang menggunakan jasa dukun."

 

TERKAIT

    -