Standard Post

Gus Muhaimin Pastikan PKB Mendukung Gibran di Pilkada Solo


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2020.

Dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin).

"Solo sudah ikut (mendukung-red) Gibran. Elektabilitasnya tinggi, kesiapannya matang," katanya disela-sela acara Tasyakuran, Sholawatan dan Santunan Anak Yatim Harlah ke-21 Garda Bangsa di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, kemarin.

Untuk Pilkada Kota Medan, menantu Jokowi, Bobby Nasution juga akan maju sebagai calon wali kota, Gus Muhaimin mengatakan, PKB belum menentukan pilihan.

"Medan belum proses," ujarnya.

Saat ini Gibran juga masih menunggu rekomendasi dari DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Selain nama Gibran, ada nama Ahmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo juga menunggu rekomendasi yang sama dari PDI Perjuangan.

Kata Gus Muhaimin, saat ini rekomendasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 masih dalam proses penggodokan.

"Masih proses semua, ada yang masih fit and proper (uji kelayakan dan kepatutan), ada yang finishing, ada yang sudah survei," tuturnya.

Diperkirakan, akhir Maret nanti semua rekomendasi akan keluar. Cak Imin mengakui saat ini ada beberapa daerah yang sudah dikeluarkan rekomendasinya.
"Ada yang sudah (keluar rekomendasi-red), tapi saya enggak hafal," katanya.

Sebelumnya, Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Reza mengatakan, saat ini sudah ada sejumlah nama bakal calon yang telah diberikan surat penugasan untuk proses maju dalam Pilkada 2020.
"Kita sudah ada beberapa nama yang keluar, cuma belum signifikan. Kita nanti akan umumkan yang agak signifikan itu sekitar pertengahan bulan ini, sudah ada beberapa nama yang kita rilis," ujar Faisol Reza.

Didesak berapa jumlah rekomendasi yang akan dikeluarkan pada pertengahan Maret ini, Ketua Komisi VI DPR RI ini menyebutkan ada sekitar 50 nama.

"Memang ada beberapa yang sudah kita berikan surat penugasan karena calon-calon ini belum punya wakil, misalnya, supaya cari wakil, kemudian minta dukungan dari partai lain, tetapi itu kan internal saja. Nanti pada saatnya mereka akan kita umumkan kalau sudah melengkapi syarat-syarat yang kita minta. Salah satunya ya wakil itu," ucapnya.

TERKAIT

    -