Standard Post

Gus Muhaimin Buka Baksos Pap Smear Bagi Kaum Buruh


PKBNews - KETUA Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin menghadiri acara bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan reproduksi perempuan Club House, Jakarta Garden City, dengan tema `Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Pekerja Perempuan Sehat, Bersih dan Cantik`.

Acara yang digagas PKB bersama Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Perempuan Internasional.

Dalam sambutannya, Gus Muhaimin menegaskan, perempuan harus selalu dimuliakan dengan cara memberi perlindungan baik secara sosial, kultural, politik maupun fisik. Gus Muhaimin meminta negara harus hadir untuk mengambil tanggung jawab tersebut karena itu adalah salah satu cita-cita reformasi.

"PKB terus memberikan ruang lebar bagi kaum perempuan yang ingin maju di panggung politik nasional. Bahkan, menempatkan mereka dalam jabatan-jabatan publik," katanya, kemarin.

Dalam pandangannya, kesejahteraan akan benar-benar nyata dan dapat dirasakan oleh rakyat, jika perempuan senantiasa merasa terlindungi.

"PKB berkomitmen melakukan pemuliaan itu melalui serangkaian kegiatan. Selain pengecekan Pap Smear gratis, acara tersebut juga diisi dialog antisipasi virus corona, edukasi terkait Omnimbus Law," ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu menambahkan, bukan berarti perlindungan diberikan karena perempuan lebih lemah.

"Kalau melihat kesulitan-kesulitan yang selama ini bisa dijalankan perempuan, enggak heran sebetulnya perempuan lebih maju dari lelaki," tegasnya.

Muhaimin melihat kegiatan baksos hari ini dapat dijadikan rule model peringatan Hari Perempuan Internasional.

"Pemeriksaan secara dini itu penting agar kita tidak mudah terkena penyakit," ucapnya.

Gayung bersambut, pernyataan Muhaimin diamini Ketua DPP PKB Bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari. Menurutnya, baksos hari ini sangat penting bagi perempuan.

"Jangan takut, semua rahasia terjamin. Hasil pap smear dikirim via email. Kita terkena infeksi saluran kencing. Jangan berebut, tidak sakit, cuma agak tidak nyaman, semua itu untuk kesehatan kita," tutupnya.

Acara ini dihadiri ratusan peserta, turut hadir dalam acara tersebut Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita.

TERKAIT

    -