Standard Post

PKB Dukung Rencana Mendikbud Hapus UN


PKBNews - RENCANA Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menghapus Ujian Nasional (UN) mendapat dukungan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

"Standarisasi UN di beberapa daerah kurang memenuhi asas keadilan. Pasalnya, pelaksanaan dan metode pengajaran yang diterapkan berbeda antardaerah," katanya, kemarin.

Hanya saja, kata juru bicara DPP PKB itu, Mendikbud Nadiem sebaiknya mempertimbangkan wacana tersebut secara matang dan perlu kajian menyeluruh, sebelum diimpelementasikan.

"Kualitas proses belajar mengajar di setiap wilayah di Indonesia memiliki perbedaan atau belum merata. Baik dari segi metode pembelajaran dan kualitas sarana dan prasarana sekolah tidak sama di wilayah di Indonesia. Kompetensi guru juga tidak merata. Dalam konteks ini bisa dipahami muncul opsi untuk meniadakan Ujian Nasional," kata Huda.

Huda menginginkan kajian yang dilakukan Kemendikbud juga mempertimbangkan faktor-faktor perbedaan tiap daerah. Sehingga nantinya pengganti UN akan mampu asas keadilan antardaerah.