Standard Post

Faisol Reza Pimpin Desk Pilkada PKB


PKBNews - MENDEKATI pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung 2020, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentuk Desk Pilkada. Desk Pilkada tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Faisol Reza.

"Desk Pilkada PKB berjumlah tujuh orang yang terdiri satu orang ketua, satu orang sekretaris, dan lima orang anggota. Untuk ketua dan sekrataris Desk Pilkada, DPP PKB menunjuk Faisol Reza dan Anggia Erma Rini," kata Juru Bicara DPP PKB Syaiful Huda, kemarin.

Menurut Syaiful Huda, gugus tugas siap menjaring calon-calon pemimpin terbaik untuk berkompetisi dalam pesta demokrasi yang bakal digelar di 270 daerah tersebut.

"Kami siap memunculkan calon pemimpin terbaik dalam Pilkada 2020, sehingga nantinya masyarakat mendapatkan para kepala daerah terbaik di wilayah masing-masing," katanya.

Syaiful Huda menuturkan, Desk Pilkada DPP PKB akan melakukan penjaringan, pemilihan, dan pemenangan calon atau pasangan calon yang akan diusung PKB dalam Pilkada Serentak 2020.

Tim tersebut akan melakukan koordinasi dengan jajaran pengurus DPW, DPC, hingga Dewan Pengurus Ranting PKB di seluruh Indonesia untuk menjaring calon terbaik.

"Kami juga akan melakukan konsultasi politik dengan jajaran pengurus NU dari pusat hingga cabang untuk mendapatkan masukan siapa yang layak kami usung sebagai calon maupun pasangan calon," katanya.

Sedangkan untuk lima anggota adalah Abdul Halim Iskandar, Bambang Susanto, Syaiful Huda, Yanuar Prihatin, dan Ahmad Iman Syukri.

"Anggota akan menjadi koordinator zona yang akan mengkoordinasikan proses penjaringan hingga pemenangan di wilayah-wilayah tertentu," ucap Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat (Jabar) itu.

Ketua Komisi X DPR RI itu berkata, dalam bekerja Desk Pilkada akan mengedepankan pendekatan scientific politics untuk memetakan kekuatan politik di masing-masing wilayah.

Dengan pendekatan tersebut maka kekuatan partai politik, karakteristik pemilih, hingga potensi masing-masing calon kepala daerah bisa tergambar dengan baik.

"Selain melakukan survey internal, kami juga akan bekerja sama dengan Lembaga konsultan politik nasional yang secara berkala melakukan jajak pendapat terkait peta politik dan kekuatan calon di masing-masing daerah," ucapnya.

Politisi asal Jawa Barat ini mengatakan dalam Pilkada Serentak 2020, PKB menargetkan prosentase kemenangan hingga 70 persen. Oleh karena itu PKB siap menjalin komunikasi dengan partai politik lain dalam mengusung pasangan calon dalam Pilkada 2020.

Menurut Syaiful Huda, koalisi dengan partai lain tidak bisa terhindarkan karena di beberapa wilayah suara PKB tidak mencukupi untuk mengusung pasangan calon secara mandiri.

"Kami siap menjalin koalisi dengan partai lain dalam mengusung pasangan calon kepala daerah baik karena pertimbangan ideologis maupun kalkulasi politik," terangnya.

 

TERKAIT

    -