Standard Post

Mendes PDTT Sebut Pendamping Desa Sebagai Pahlawan Desa


PKBNews - MENTERI Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut tenaga ahli (TA) dan pendamping desa sebagai pahlawan desa. Pasalnya, kerja keras TA dan pendamping desa berhasil membuat program kementerian berjalan dengan baik.

"Saya bersyukur bertemu dengan para pahlawan desa. Ketika kita berbuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk kejayaan NKRI, maka kita juga bisa disebut pahlawan," katanya, kemarin.

Menurut Gus Halim sapaan akrab Abdul Halim Iskandar program-program berhasil dijalankan para pendamping desa sehingga piramidanya tidak terlalu tajam. Artinya, semakin sedikit warga Indonesia yang miskin, sengsara, terkena stunting dan seterusnya.

"Pembangunan sumber daya manusia telah menjadi prioritas pemerintah, termasuk di dalamnya kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur mesti mengarah pada peningkatan sumber daya manusia," katanya.

Gus Halim menuturkan, penyebab stunting akibat sanitasi yang buruk, sehingga diperlukan infrastruktur air bersih untuk mengatasi stunting, penanganan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.

"Angka stunting sudah menurun, dari sebelumnya 37 persen kini 30 persen. Ini tak lepas dari kerja-kerja tenaga pendamping desa. Pendamping merupakan salah satu elemen penting dalam penurunan angka stunting," ucapnya.

Ketua Bidang Eksekutif dan Legislatif DPP PKB itu berkata, dalam melakukan tugas-tugas, melaksanakan amanat pengembangan SDM, harus dilakukan dengan ikhlas. Sehingga upaya mengurangi kemiskinan, upaya meningkatkan sumber daya manusia bagi generasi Indonesia kedepan, tidak kalah dengan negara-negara yang maju.

"Itulah investasi berharga yang kita buat hari ini untuk masa depan bangsa dan negara," kata Gus Halim.

TERKAIT

    -