Standard Post

DPW PKB Jatim Tunggu Arahan Terkait PAW Gus Halim


PKBNews - WAKIL Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim), Hikma Bafaqih pastikan menunggu arahan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB terkait pergantian antarwaktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jatim setelah mengemban amanah sebagai Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Kabinet Indonesia Maju.

"Kami akan memprosesnya dan kami masih menunggu," katanya, kemarin.

Di DPRD Jatim periode 2019-2024, Abdul Halim Iskandar duduk di kursi Wakil Ketua DPRD Jatim. Pada Rabu, 23 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dilantik sebagai Mendes PDTT.

Tentang nama penggantinya sebagai anggota parlemen, berdasarkan ketentuan berlaku yang berhak adalah peraih suara tertinggi berikutnya di daerah pemilihan asal Abdul Halim Iskandar maju, yaitu Jawa Timur VIII yang meliputi Kabupaten/Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

Sesuai catatan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim, di dapil tersebut PKB mengirim dua kadernya duduk di kursi parlemen, yaitu Abdul Halim Iskandar dengan raihan 106.662 suara dan Ahmad Athoillah (24.303 suara).

Dengan demikian maka yang berhak menggantikan posisi Abdul Halim Iskandar sebagai anggota legislator adalah pemilik suara tertinggi ketiga di dapil tersebut, yakni Masduki yang meraih 24.139 suara.

Menurut Hikmah Bafaqih, pihaknya akan mengikuti prosedur berlaku dan menyerahkan sepenuhnya kepada partai, terutama arahan dari Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. Begitu juga terhadap pergantian posisi pimpinan DPRD Jatim yang disebutnya belum ada kepastian siapa penggantinya.

"Pergantian pimpinan juga menjadi kewenangan pusat. Kami siap menjalankan apapun yang diperintahkan partai dan bekerja sesuai prosedur berlaku," tandasnya.

TERKAIT

    -