Standard Post

PKB Riau Miliki Peta Politik Sendiri Hadapi Pilkada 2020


PKBNews - SEKRETARIS Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau Ade Agus memastikan partainya telah membuat peta sendiri dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2020.

"Kami sudah membuat peta tersendiri untuk menghadapi Pilkada Riau yang bakal berlangsung tahun depan," katanya, kemarin.

Kendati sejatinya, kata Ade Agus, terdapat sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau yang bakal menggelar Pilkad, pihaknya secara politik hanya mau memprioritaskan tiga daerah, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

"Tiga daerah prioritas tadi cuma aspek politik. Bukan berarti enam daerah lain tidak kita lirik, tapi lantaran di tiga wilayah itu kita punya modal bagus untuk membangun komunikasi politik," tuturnya.

Menurut Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau itu pun menjelaskan, modal bagus yang dimaksud antara lain raihan kursi dan modal sosial yang dimiliki kandidat.

Di Kabupaten Meranti, lanjut dia, PKB sudah mengoleksi 4 kursi, sementara di sana syaratnya hanya 6 kursi. Di Inhu, PKB juga mengoleksi 4 kursi dari 8 kursi yang menjadi syarat untuk mengusung kandidat.

"Di Rohul kita butuh 6 kursi lagi untuk bisa maju, sebab di sana, syaratnya musti ada 9 kursi. Tapi di Rohul, kader yang akan kita usung adalah mantan wakil bupati. Dia juga pernah maju dalam Pilkada sebelummya maupun Pemilu legislatif 2019. Nah, ini modal untuk maju," kata Ade Agus.

Ade Agus menambahkan, dari sederet modal tersebut, PKB memastikan bakal mengusung kadernya untuk masuk dalam calon bupati dan wakil bupati di tiga wilayah. DPW pun mempersilahkan kader yang dipercaya untuk maju, untuk segera membangun komunikasi politik dengan partai politik lain.

"Agar dapat melengkapi batas minimal jumlah kursi, tentu musti ada komunikasi politik dengan parpol lain. Kita mempersilahkan kader di tiga wilayah itu untuk membuka pembicaraan koalisi dengan partai lain," katanya.

Adapun tiga politisi PKB yang sudah mendapatkan lampu hijau untuk maju di ketiga wilayah itu adalah Muhammad Adil (Kepulauan Meranti), Hafit Sukri (Rohul), dan Ade Agus Hartanto sendiri untuk Inhu.