Standard Post

PKB Berharap Mendapat Lima Kursi Menteri


PKBNews- WAKIL Sekretaris Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Maman Imanulhaq berharap partai pimpinan Gus Muhaimin ini mendapatkan jatah lima kursi di kabinet baru Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma`ruf Amin. Salah satunya Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

"Priode lalu kita kebagian empat kursi, ya mudah-mudahan nambah satulah jadi lima. Posnya mudah-mudahan sama dengan yang sekarang, tambahannya UKM paling," katanya, kemarin.

Dalam Kabinet Kerja terdapat empat menteri yakni, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Namun, Kang Maman sapaan akrab KH Maman Imanulhaq menegaskan, hingga saat ini PKB belum diketahui secara pasti berapa kursi yang diberikan kepada partainya. PKB sepenuhnya menyerahkan kepada Presiden Jokowi meski menaruh harapan.

"Komposisinya belum ya. Karena kemarin misalnya di rapat kami di DPP, Gus Muhaimin bilang komunikasi terus dilakukan dan tentu semua partai akan menyerahkan semuanya kepada prerogatif presiden," tuturnya.

Di sisi lain, Kang Maman mengatakan, partainya terbuka terhadap masuknya parpol baru ke koalisi. PKB, kata dia, juga tak khawatir penambahan parpol akan berpengaruh pada kursinya di kabinet.

"Kalau saya nggak melihat hal itu ya, nggak melihat itu. Bahwa berapa pun komposisi nanti sebenarnya sampai sejauh mana komposisi itu memperkuat. Karena Jokowi mempunyai tanggung jawab meninggalkan legacy di pasca-beliau berhenti nanti di 2024 dan legacy itu harus dibangun sampai sejauh mana beliau memilih menteri yang tepat, menteri yang betul-betul bekerja bukan atas nama partai, bekerja untuk rakyat," ucapnya.

 

TERKAIT

    -