Standard Post

Tgk Syarifuddin Disepakati Pimpin Fraksi PKB-PDA DPRA


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Daerah Aceh (PDA) bersepakat membentuk satu fraksi di Dewan Pimpinan Rakyat Aceh (DPRA) priode 2019-2024. Dari kesepakatan tersebut dipilihlah Tgk H Syarifuddin MA dari PKB sebagai ketua fraksi.

Selain mengumumkan nama ketua fraksi, PKB-PDA juga menyampaikan struktur fraksi yang terdiri atas wakil ketua dan sekretaris fraksi. Wakil ketua diisi Ridwan Abubakar SPd MM (PDA) dan sekretaris H Wahyu Wahab Usman (PDA).

Anggota fraksi terdiri atas, Rijaluddin SH MH (PKB), H Azhar MJ Roment (PDA), dan Salihin (PKB).

Pertemuan tersebut PKB-PDA juga menandatangani perjanjian bersama terkait pembentukan fraksi dan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD). Pada acara itu disepakati enam poin perjanjian bersama yang tidak boleh dilanggar sampai akhir periode 2019-2024.

Hadir dalam pertemuan tersebut hadir Ketua dan Sekretaris Jenderal DPP PDA, Tgk Muhibussabri A Wahab dan Tgk Razuan serta Ketua Dewap Pengurus Wilayah (DPW) PKB Aceh Irmawan dan Sekretaris DPW PKB Aceh Amrizal.

Sekjen PDA, Tgk Razuan kepada Serambi menyampaikan alasan mengapa PKB-PDA membentuk fraksi gabungan di DPRA. Pertama, karena kedua partai itu sama-sama memiliki tiga kursi dan sama-sama berasazkan ahlussunnah wal jamaah, selain juga partai pendukung pemerintah.

Menurutnya, kesamaan ideologi itu adalah hal esensial yang akhirnya membentuk paradigma politik bersama antara PDA dan PKB di Aceh, walaupun beberapa hal politis lainnya juga menjadi faktor penentu.

"Faktor lainnya adalah PDA dan PKB adalah sama-sama partai pengusung dan pendukung pemerintah Irwandi-Nova dalam Pilkada lalu. Ini menjadi penting bagi kita untuk menyamakan persepsi dan memperjuangankan visi misi "Aceh Hebat" bagi rakyat," katanya.

Bagi PDA, kata Razuan, memiliki keselarasan dalam membangun hubungan antara legislatif dan eksekutif adalah hal penting demi mewujudkan harapan rakyat, khususnya di Aceh.

TERKAIT

    -