Standard Post

Gus Muhaimin Usulkan Pembaruan Reforma Agraria Secara Konkrit


PKBNews - INDONESIA belum menemukan solusi jitu dalam mengatasi persoalan agraria yang pelik. Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin (Gus Muhaimin) mengusulkan pembaruan reforma agraria secara konkrit.

"Indonesia memerlukan pembaruan dan reforma agraria, ini harus terus kita upayakan, dan akan menjadi bagian dari perjuangan yang sesungguhnya sebagai bangsa, dalam rangka menjaga kebutuhan pangan nasional," katanya saat membuka diskusi publik bertema "Reforma Agraria untuk Kedaulatan Pertanian Indonesia" di kantor DPP PKB, kemarin.

Menurut Gus Muhaimin, reforma agraria sangat penting dilakukan lantaran Indonesia adalah negara agraris yang sangat besar. Indonesia memiliki potensi besar sebagai sumber pangan dunia jika pembaharuan reforma agraria mampu diimplementasikan dengan baik.

"Sumber pangan dunia menjadi peluang bagi Indonesia karena iklim dan lahan yang subur," kata mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Wakil Ketua DPR RI ini menuturkan, peluang tersebut bukan hal yang mustahil selama ada political will (kemauan politik) pemerintah dan seluruh elemen bangsa Indonesia bersatu padu.

"Yang kaya yang memiliki lahan yang besar, yang miskin petani gurem yang tidak memiliki lahan menjadi bagian yang utuh dan bersatu dalam melahirkan Indonesia yang mandiri, berkontribusi bagi dunia melalui kebutuhan suplai pangan," ujar Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin berpandangan masalah agraria di Indonesia tak ada kaitan dengan iklim, bukan pula tenaga kerja serta sumberdaya pertaniannya.

"Kita sudah mencoba dengan berrbagai model, dari pemeritahan ke pemerintahan, dari strategi yang bermacam-macam, reforma agrarian mengalami kebuntuan, sampai hari ini," tandasnya.

 

TERKAIT

    -