Standard Post

Jelang Pilkada Tasik, PKB Bangun Komunikasi Intensif dengan Golkar


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golongan Karya (Golkar) intensif lakukan komunikasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tasikmalaya 2020.

"Komunikasi dengan Golkar dilakukan paling intensif, namun belum final. Karena ada tahapan-tahapan yang harus dilalui di internal partai masih-masing," kata Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat (Jabar), Oleh Soleh, kemarin.

Menurut Oleh Soleh, komunikasi intensif dengan Partai Golkar tidak hanya bicara Pilkada Tasikmalaya. Namun terkait Pilkada serentak di 8 kota/kabupaten di Jabar.

"Selain dengan Golkar, juga dengan Partai Demokrat. Kemungkinan untuk terjalin koalisi hampir pasti terjalin, tinggal menunggu waktu saja," katanya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar itu menuturkan, PKB juga masih membuka komunikasi dengan partai lain. Skenario koaliasi PKB dengan partai lain selain Golkar dan Demokrat.

Adapun alasan terjalin komunikasi yang intensif dengan Golkar dan Demokrat, ungkap Oleh Soleh, karena memiliki kesepahaman dan visi yang sama untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya.

"Hal ini bukan berarti mendahului atau melampaui kewenangan DPC, namun karena ia ditugaskan partai sebagai pembina di wilayah Priangan Timur," ujarnya.

Sehingga, selain berkoordinasi dengan ketua DPC juga berkoordinasi dengan jajaran pengurus di tingkatan wilayah.

"Alhamdulillah, sudah memiliki kesepahaman yang sama dan visi yang sama dengan Golkar dan Demokrat bahwa Kabupaten Tasikmalaya ini harus dibenahi," katanya.

Nah, lanjut Oleh Soleh, sejauh ini partai yang sudah mendekat dan intensif komunikasi adalah Golkar. Kemudian Demokrat juga sudah melakukan penggenjotan.

"Mudah-mudahan koaliasi ini bisa disepakati kemudian tentunya bisa direstui oleh DPP. Koalisi ini temanya Agamis Nasionalis," katanya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Yod Mintaraga membenarkan sudah cukup lama pihaknya berdiskusi tentang Pilkada 8 kota/ kabupaten yang akan diselenggarakan di Jabar pada 2020, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya.

Bagi Golkar tentu terbuka dengan partai mana pun untuk berkoaliasi sepanjang memiliki kesamaan pandang terhadap masa depan daerah itu.