Standard Post

PKB Sayangkan Kang Emil Kritik Ibu Kota Baru


PKBNews - GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Kang Emil) diminta tak mengkritik rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Mantan Wali Kota Bandung itu diminta membenahi segala urusan di Jabar yang menjadi tanggung jawabnya.

"Kang Emil lebih baik fokus membenahi segala urusan di Jawa Barat yang menjadi tanggung jawabnya. Ketimbang turut mengkritik kebijakan pemerintah pusat," ujar Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jabar, Hasim Adnan, kemarin.

Hasim menuturkan, kalau memang gubernur punya keinginan untuk tampil menjadi salah satu kandidat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang sebaiknya urus Jabar sampai benar-benar juara lahir batin.

"Beberapa program memang sudah dilaunching Kang Emil, hanya saja progresnya dinilai sangat lamban," ujarnya.

Hasim mencontohkan satu program unggulan yang sudah dirilis, yakni kredit Mesjid Ekonomi Sejahtera (Mesra). Hingga saat ini, publik tidak mendapat akses informasi terkait berapa jumlah masyarakat yang sudah memanfaatkan program tersebut.

"Program ini sangat bagus, di tengah maraknya fintech yang menawarkan pinjaman online, yang belakangan mulai banyak sorotan negatif dari publik, karena dampak negatifnya jauh lebih mencekik daripada bank emok (rentenir), ucapnya.

Hasim menambahkan, " Dalam satu minggu ke belakang ini, saya mendapati laporan sampai ada nasabah yang berencana menjual ginjalnya untuk melunasi pinjaman beserta bunga ke penyedia aplikasi pinjaman online. Nah, pada situasi demikian, sejatinya Pemprov Jabar bisa hadir untuk melindungi warganya dari jeratan utang piutang, akibat longgarnya regulasi di bidang fintech," tuturnya.