Standard Post

PKB Tak Masalahkan Prosentase Porsi Kabinet


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya memberikan 45 persen porsi Kabinet Kerja Jilid II kepada partai politik.

"Partainya tidak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo. Kami serahkan sepenuhnya kepada Presiden. Kami jaga hak prerogatif yang melekat pada presiden," tutur Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Daniel Johan, kemarin.

Menurut Daniel, tugas PKB sebagai pengusung Jokowi - KH Ma`ruf sudah selesai berbicara kabinet sewaktu Ketua Umum (Ketum) DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyetorkan sejumlah nama calon menteri kepada Presiden Jokowi.

"Itu pun atas permintaan Presiden Jokowi. Semuanya diserahkan kepada presiden. Sekarang kita tunggu saja kabinet kerja terbaru," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu juga tidak mau membahas nama-nama yang dikirim dan berapa jumlah calon menteri yang diusulkan PKB tersebut.

"Nama-nama sudah diusulkan dan masalah jumlah hanya Presiden Jokowi dan Cak Imin yang paham," kata Daniel.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kabinet Kerja pada periode mendatang akan diwarnai gabungan menteri dari profesional dan unsur partai politik.