Standard Post

Politisi PKB Tolak PAN Masuk Dalam Koalisi Pemerintah


PKBNews - POLITISI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan bakal menolak masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi Jokowi-KH Ma`ruf. Pasalnya, PAN tidak konsisten ketika berada dalam koalisi.

"Sikap politik PAN itu dapat dilihat ketika masuk dalam koalisi partai pendukung Jokowi pada Pilpres 2014. Namun, pada Pilpres 2019 PAN memilih mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga," tutur Anggota Dewan Syuro DPP PKB, KH Maman Imanulhaq, kemarin.

Kang Maman sapaan akrab KH Maman Imanulhaq memastikan PKB merupakan koalisi yang sangat-sangat konsisten, tidak pernah gabung ke sana kemari.

"Sekarang tiba-tiba PAN mendekat lagi, setiap partai politik harus membangun moralitas kepartaian serta memiliki integritas dan loyalitas terhadap koalisi yang dinaungi," katanya.

Oleh sebab itu, lanjut Kang Maman, menyarankan agar partai-partai yang sejak awal tidak mendukung Jokowi-Ma`ruf sebaiknya tetap berada di luar koalisi pemerintahan.

"Ada beberapa partai yang sebaiknya tidak masuk (koalisi pemerintah), partai yang tidak jelas, yang cuma merecoki. Daripada nanti mengganggu lebih baik di sana (di luar koalisi pemerintah) sajalah sebagian," katanya.

Namun demikian, kata dia, Kang Maman menyerahkan sepenuhnya kepada presiden terpilih Joko Widodo, apabila menerima partai-partai tersebut bergabung dengan koalisi pemerintah.

"Apakah 02 itu masuk ke dalam (koalisi pemerintah)? Itu kan haknya Pak Presiden, cuma kan saya ingin memberikan poin sederhana saja," ujarnya.

 

TERKAIT

    -