Standard Post

Cak Imin Sarankan Partai Rival Jokowi untuk Tetap Jadi Penyeimbang


PKBNews - KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendorong partai politik (parpol) rival pasangan Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma`ruf Amin untuk tetap menjadi oposisi atau penyeimbang di parlemen.

"Koalisi pendukung Pak Jokowi itu sudah gemuk, 61 persen. Kalau ikutan gabung, nanti di parlemen enggak ada penyeimbang," katanya, kemarin.

Cak Imin mengingatkan koalisi yang telah dibangun oleh Jokowi-Ma’ruf di Pemilihan Presiden (Pilpres 2019) ini sangat gemuk. Itulah kenapa, IA menyatakan, tak masalah seandainya parpol koalisi pendukung Prabowo-Sandi tetap ikut bergabung di kabinet periode kedua Jokowi. Tapi yang perlu diingat, dia tak mau jatah menteri untuk kader PKB dikurangi.

"Kita lihat kebutuhan rekonsiliasi itu. Butuh atau enggak. Kalau memang itu jadi urgensi untuk kebersamaan, yah silakan, yang penting jangan kurangi jatah PKB," ujarnya.

Cak Imin menegaskan ia tidak tertarik mengisi pos menteri perdagangan. Dia bilang, lebih berminat menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang saat ini ditempati oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Saya sukanya jadi ketua MPR. Setelah penetapan KPU, kita baru mulai intensifkan pembicaraan koaliasi," katanya.

TERKAIT

    -