Standard Post

Sebagai Pemenang Pemilu, PKB Sidoarjo Siapkan Kader Pimpin DPRD


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo sebagai pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) mulai bersiap menentukan siapa kader yang layak menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo.

"Prosesnya, DPC PKB akan mengusulkan beberapa nama kemudian DPP PKB bakal menentukan siapa yang ditunjuk menjadi Ketua DPRD Sidoarjo priode 2019-2024," kata Sekretaris DPC PKB Sidoarjo, Abdillah Nasih, kemarin.

Kata Abdillah, pihaknya sudah menerima petunjuk teknis (juknis) pemilihan ketua dewan dari DPP PKB.

"Surat tentang Juknis dari DPP PKB sudah kami terima minggu lalu," ujarnya.

Menurut Abdillah, DPP menyampaikan bahwa ada beberapa aturan untuk menentukan siapa-siapa layak jadi ketua dewan. Termasuk kriteria calon ketua DPRD yang diusulkan.

Abdillah menjelaskan tiga kriteria yang harus dipenuhi bagai kader yang berniat menjadi Ketua DPRD Sidoarjo. Yakni memperhatikan perolehan suara di KPU dalam Pileg kemarin, posisi atau jabatan calon di partai, dan ketiga adalah rekam jejak atau pengalaman calon.

Dalam surat dari DPP PKB tersebut, juga dijelaskan bahwa nama yang diusulkan untuk calon ketua dewan minimal tiga orang. Boleh lima orang, atau lebih.

Dengan dasar kriteria yang disampaikan tersebut, lima kader PKB yang cocok masuk sebagai calon ketua dewan, ada nama Subandi, Dhamroni Chludori, Ainun Jariyah, Sullamul Hadi Nurmawan, dan Pujiono.

Subandi merupakan caleg terpilih dengan perolehan suara terbanyak. Kemudian Pujiono juga masuk kriteria yang mendapat suara terbanyak urutan kelima. Tapi keduanya sama-sama orang baru di parlemen.

Ainun Jariyah lebih punya pengalaman, karena selama ini sudah menjadi anggota dewan. Demikian halnya Sullamul Hadi Nurmawan dan Dhamroni.

Kriteria jabatan di partai, dua nama lain lebih berpotensi. Dhamroni merupakan Wakil Ketua DPC, dan Sullamul Hadi Nurmawan sebagai Bendahara DPC PKB Sidoarjo.

Keduanya juga berpengalaman karena selama ini sudah duduk di kursi dewan. Bahkan, Sullamul Hadi Nurmawan berstatus sebagai Ketua DPRD Sidoarjo periode sekarang.

Namun, terkait peluang para caleg terpilih untuk menjadi calon ketua ketua dewan, Abdillah enggan berspekulasi. Menurutnya, 16 orang anggota dewan terpilih dari PKB semua berpeluang.

Demikian halnya Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful ilah, juga belum bersedia menyampaikan siapa calon yang akan diusulkan ke DPP PKB.

"Masih proses. Rapatnya (pembahasan nama-nama untuk diusulkan menjadi ketua) belum selesai. Jadi, sampai sekarang belum ada kepastian, siapa saja yang diusulkan," jawab Saiful Ilah.

Pria yang menjabat sebagai Bupati Sidoarjo itu menyebut dua kriteria yang juga menjadi pertimbangan. Yakni yang sudah berpengalaman dan dibutuhkan figur untuk mengatur serta memecahkan persoalan di dewan.

Terpisah, Sullamul Hadi Nurmawan mengaku tidak memikirkan posisinya di dewan. Apakah akan dicalonkan lagi sebagai ketua dewan atau tidak, dirinya menyerahkan semua kebijakan ke DPC PKB.

"Penentuan itu merupakan kewenangan DPC. Apakah akan menjadi ketua dewan lagi atau tidak, saya tidak masalah," ucapnya.

 

 

TERKAIT

    -