Standard Post

PKB Tegaskan Belum Bahas Pilkada Surabaya


PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) tegaskan belum melakukan pembahasan dengan eksternal partai terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya 2020.

"PKB tegaskan belum melakukan pembahasan dengan eksternal partai. Baik dengan partai politik maupun organisasi massa tertentu," ujar Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur (Jatim) Fauzan Fuadi, kemarin.

PKB menyadari pemilihan Wali Kota Surabaya 2020 menjadi topik hangat di tengah masyarakat. Banyak orang berdiskusi siapa yang pantas menggantikan Tri Rismaharini di masa selanjutnya.

"PKB belum ada usulan nama dari luar (partai). Sejauh ini, kami masih mengunggulkan kader internal. Demikian juga dengan usulan dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Surabaya," katanya.

Fauzan menambahkan, "Mungkin karena masih lama ya, pembicaraan dari teman-teman DPC juga belum menyebut nama dari luar."

Sebelumnya, pihaknya telah menyebut sejumlah kader internal partainya yang bisa saja maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kota Surabaya 2020 mendatang.

Sejumlah politisi senior dari unsur artis hingga kepala daerah di sejumlah kabupaten pun disebut berpeluang maju pada Pilkada Kota Pahlawan mendatang.

"Kami punya beberapa nama potensial untuk pilwali Surabaya. Ada dari unsur legislatif maupun eksekutif," kata Fauzan.

Pertama adalah Fandi Utomo. Fandi sebelumnya merupakan Calon Legislatif (Caleg) PKB untuk DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Surabaya-Sidoarjo nomor urut 3.

Kedua adalah Arzeti Bilbina. Sama halnya dengan Fandi, Arzeti juga menjadi Caleg PKB untuk DPR RI di dapil yang sama.

Namun bedanya, Arzeti berhasil lolos ke DPR RI setelah mendapat 53.185 suara dan menjadi caleg suara terbanyak kedua di partainya untuk dapil tersebut.

Selain dua politisi lokal Surabaya, PKB juga memperkenalkan dua politisi senior dari daerah lain yang akan diorbitkan apabila memang diharapkan masyarakat Surabaya.

Mereka adalah Badrut Tamam dan Thoriqul Haq. Badrut Tamam saat ini menjadi Bupati Pamekasan, hasil Pilkada 2018 lalu.

Badrut merupakan Sekretaris DPW PKB Jatim yang juga pernah menjadi Anggota DPRD Jatim. Ketua PD Muhammadiyah Surabaya, Mahsun Jayadi mengungkapkan, pihaknya sudah bertemu dengan beberapa tokoh untuk membahas Pilwali Surabaya 2020 atau Pilkada Surabaya.

Salah satu unsur yang sudah bertemu dengan Mahsun adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Surabaya.

"Beberapa waktu yang lalu, sebelum puasa sudah ada komunikasi dengan beberapa tokoh dari unsur partai politik, cukup terkenal juga, dari PKB," kata Mahsun.

TERKAIT

    -