Standard Post

DPW PKB Jatim Mulai Menginventarisir Kadernya untuk Pilbup Sidoarjo


PKBNews - DEWAN Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim) mulai menginventarisir kader potensial untuk mentas dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Sidoarjo.

"Setidaknya ada empat nama yang bisa saja maju pada Pilkada Sidoarjo 2020 mendatang," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi, kemarin.

Fauzan menuturkan, sebenarnya PKB di Sidoarjo memiliki banyak kader. Elektabilitas dan kapabilitasnya pun bagus.

Pertama adalah Anik Maslachah. Saat ini, Anik masih menjadi Anggota DPRD Jatim dari dapil Sidoarjo sekaligus menjabat Ketua Komisi C DPRD Jatim. Pada pemilihan legislatif 2019, Anik kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Jatim dengan memperoleh suara terbanyak (119.652 suara) di dapil Jatim 2 (Sidoarjo).

"Mbak Anik bisa mewakili perempuan," tuturnya.

Tokoh kedua adalah Syaikhul Islam Ali. Syaikhul merupakan putra Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Progresif Bumi Shalawat di Lebo Sidoarjo, KH Agus Ali Mashuri alias Gus Ali.

Kini, ia masih menjadi Anggota DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo (Jatim 1).

Sama seperti Anik, Syaikhul juga mendapat suara terbanyak di antara caleg yang lain di dapil ini dengan memperoleh 140.631 suara pada pemilu 2019.

"Gus Syaikhul punya pengalaman dua periode terpilih sebagai Anggota DPR RI," ujar Fauzan.

Tak kalah tenar, ada nama Achmad Amir Aslichin, Ketua Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Sidoarjo. Pria yang akrab disapa Iin juga merupakan putra Bupati Sidoarjo saat ini, Saiful Ilah alias Abah Ipul.

Pada pemilu 2019 lalu, Iin mendapingi Anik dengan lolos ke DPRD Jatim.

"Beliau juga menjabat Ketua Garda Bangsa Jawa Timur (organisasi sayap kepemudaan PKB)," katanya.

Selain itu, ada nama Nur Ahmad Syaifuddin, Wakil Bupati Sidoarjo saat ini. Di PKB, Nur Ahmad menjabat sebagai Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Sidoarjo yang sukses mengantarkan PKB menjadi pemenang pemilu di Sidoarjo.

Pada pemilu 2019, partai berlambang sembilan bintang ini mendapat 309.249 suara atau meningkat 45 ribu suara dibandingkan pemilu sebelumnya.

Selain itu, jumlah kursi PKB di DPRD Sidoarjo juga meningkat dari 13 menjadi 16 kursi.