Standard Post

PKB Kebumen Diprediksi Raih 9 Kursi


PKBNews - HASIL pengumpulan data C1 pleno Pemilihan Legislatif (Pileg) dari tujuh daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Kebumen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diprediksi meraih 9 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kebumen. Perolehan ini meningkat jika dibandingkan Pemilu 2014 yang hanya meraih enam kursi.

"Kegigihan para caleg menyebabkan kenaikan suara cukup signifikan. Ditambah lagi karena adanya pengaruh Jokowi effect," tutur Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kebumen, Miftahul Ulum, kemarin.

Bagi PKB Kebumen, kata Miftahul, Jokowi effect berasal dari figur Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) yang sangat diminati oleh konstituen PKB di Kebumen. Bahkan, berdasarkan data C1 plano capres nomor urut 01 itu di Kabupaten Kebumen unggul jumlah pemilih dibanding capres nomor urut 02.

"Secara kebetulan nomor urut 1 PKB di Pemilu 2019 sama dengan nomor urut capres Joko Widodo, sehingga sangat memudahkan konstituen dalam mencoblos," katanya.

Adapun sebaran perolehan 9 kursi DPRD Kebumen yang kemungkinan kuat diraih PKB berasal dari Dapil 1 (Kebumen dan Buluspesantren) 2 kursi, Dapil 2 (Petanahan Klirong Pejagoan) 1 kursi, Dapil 3 (Puring Sruweng Adimulyo Kuwarasan) 1 kursi. Dapil 4 (Ayah Buayan Rowokele) 1 kursi, Dapil 5 (Sempor Gombong Karanggayam Karanganyar) 2 kursi, Dapil 6 (Alian Poncowarno Kutowinangun Sadang Karangsambung) 1 kursi dan Dapil 7 (Padureso Prembun Bonorowo Mirit Ambal) 1 kursi.

Berdasarkan real count KPU hingga 26 April 2019 pukul 12.45, mencapai 649 TPS atau 14,301 % dari 4.538 TPS, PKB meraih 16,89 % suara untuk DPRD Kebumen atau terbanyak kedua setelah PDI Perjuangan yang meraih 19,26 %. Tempat ketiga diraih Partai Golkar dengan 13,09 % dan Partai Gerindra di tempat keempat dengan 11,01 %.

"Suara PKB di Kebumen kemungkinan kuat menyumbang suara signifikan untuk peraihan kursi caleg-caleg PKB di DPR RI dan DPRD Jawa Tengah," tandasnya.

 

TERKAIT

    -